INDAHNYA SALING BERBAGI

.Nikmat memberi lebih nikmat dari pada nikmat diberi.

Al-Qur'an

LightBlog

Breaking

Friday, May 12, 2017

2:51 PM

Singkat kok,..


Sukup lama aku berangan tentang indah bersamamu, sedang bersamamu adalah lebih dari sekedar cukup, maka sebentar saja aku ingin bercerita tentang anganku itu,
singkat kok,..

Kamu indah, seluruhnya indah,
Kamu gila, membuatku tergila,
Kamu lucu, dan manismu aku suka,
Kamu lah cinta, yang sebenar-benarnya aku cinta…

Sekian.

Friday, March 24, 2017

10:36 AM

Do'a KU di Hari Jum'at

Doa kami di Yaumul Jum'ah teruntuk yg kusayangi , para Keluarga, saudara seiman..

Assalamu'alaikum warrohmatullahi wabarokaatuh....

Bismillahir rohmanir rohiim...

Astaghfirullah al Adzim 3X...

Yaa ALLAH ... Yaa QOOBIDH
Bila hari ini masih menjadi bagian hidup kami ...🌞
Berikanlah kemudahan dan kelancaran untuk menjalaninya ...

Yaa ALLAH ... Yaa BASHIIR
Bila kelopak mata kami masih dapat terbuka ...πŸ‘€πŸ‘€
Bimbinglah penglihatan kami untuk senantiasa melihat kebaikan dan kebenaran ...

Yaa ALLAH ... Yaa HAQQU
Bila mulut kami masih diizinkan berucap ...πŸ’‹
Tuntunlah agar kami senantiasa mengatakan kejujuran dan berdzikir atasMu ...

Yaa ALLAH ... Yaa QOYYUM..πŸ‘£
Bila kaki kami masih diberi kemampuan untuk melangkah ...
Hantarkanlah kami ke tempat-tempat yang baik ... Tempat - tempat yang membawa maghfiroh untuk kami ...
Yaa ALLAH ... Yaa MUQTADIR 
Bila tangan kami masih dapat digerakkan ...πŸ‘€πŸ‘‹
Gerakkanlah untuk memberikan kebaikan dan menolong bagi orang-orang yang dalam kesulitan... Serta bermanfaat dalam berbuat kebajikan ...

Yaa ALLAH ... Yaa MUQIIT…..🌞
Bila matahari masih diperkenankan bagi tubuh kami ...🌺
Sempurnakanlah cahaya-nya di pagi ini untuk menyinari seluruh tubuh kami ... Berikanlah kami kekuatan yang istiqomah dan tawaddu dalam menyempurnakan ibadah kami padaMu...

Yaa ALLAH ... Yaa QUDDUUS
Bila udara masih menjadi bagian bagi nafas kami ...
Lapangkanlah rongga dada kami untuk menerimanya... Buanglah seluruh energi negatif dalam setiap helaan nafas kami...

Yaa ALLAH ... Yaa ROZZAAQ
Bila dari rezeki yang diturunkan di muka bumi ini masih ada bagian haq kami ...🌌
Datangkanlah dalam jumlah banyak & berkah yang halal dan thoyyib dari segala arah ...
Agar kami  dapat memberi manfa'at bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongan ... Memberikan kebahagiaan di setiap langkah kami ...

Ya ALLAH ... Yaa MUHAIMIIN
Angkat dan hilangkanlah segala penyakit keluarga, sahabat, kerabat, gantikanlah dengan sehat wal afiat ... 
Jadikanlah mereka keluarga yang rukun penuh dgn kasih sayang & kedamaian serta lanjutkanlah usianya hanya untuk ibadah kepada-MU ...

Yaa ALLAH ... Yaa RAHMAN Yaa RAHIIM
Dengan segala yang telah diperlihatkan pada kami untuk dijadikan sebagai pelajaran bagi hidup kami ...πŸ“”
Karuniakanlah kami, semenjak pagi hari ini sampai hari-hari selanjutnya dengan Limpahan Nikmat dan Kasih Sayang-MU...

Aamiin Allahuma Aamiiin
10:02 AM

Rumah Sakit Di Makkah Sepi....

Di Makkah Rumah Sakit pada sepi, beda dengan di Indonesia, Memang beda dan tidak sama, yang membedakan adalah Aqidah dan Syariatnya.

Inilah rahasia mengapa di Mekkah rumah sakit sangat sepi, jarang sekali pasien yang datang

Ada seorang dokter membuka klinik di Tanah Suci (Makkah Mukarramah). Selama 6 bulan berpraktek, tidak ada seorang pasien pun yang datang untuk berobat. Hingga beliau merasa heran, apakah orang-orang di sini tidak pernah sakit?

Akhirnya beliau dapati jawabannya, dari salah seorang muslim di sana:

Bila kami sakit,
ikhtiar pertama yg kami lakukan ialah
solat dua rakaat, dan memohon kesehatan kpd Allah. Insyaa Allah sembuh dengan izin dan kasih sayangNya.
Kalau belum sembuh,

Ikhtiar ke-dua.
Yaitu baca Al Fatihah / surat-surat lain, tiupkan pada air dan minum. Dan alhamdulillaah kami akan sehat. Inilah Ruqyah untuk diri sendiri.
Tapi kalau belum sehat juga, 
Kami lakukan ikhtiar yg ke-tiga.

Ikhtiar ke-tiga 
Yaitu bersedekah, dengan niat mendapatkan pahala kebaikan, dan dijadikan jalan penyembuh sakit kami. Insyaa Allah akan sembuh.
Kalau tidak sembuh juga, kami akan tempuh ikhtiar yg ke-empat.

Ikhtiar ke-empat
Yaitu banyak-banyak istighfar, untuk bertaubat. Sebab, Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam beritahu kami, bahwa sakit adalah salah satu sebab diampuninya dosa2.
Kalau belum sembuh juga, baru kami lakukan ikhtiar yg ke-lima.

Ikhtiar ke-lima 
Yaitu minum madu dan habbatussauda '.

Ikhtiar yang ke-enam 
Yaitu dengan mengambil makanan herba, seperti bawang putih, buah tin, zaitun, kurma, dan lain-lain, seperti disebut dalam Al-Quran.
Dan, Alhamdulillah. Laa hawlaa wa laa quwwataa illaa billaah. 

Jika belum sembuh, baru kami ikhtiar ke-tujuhyaitu pergi ke dokter muslim yang soleh.
Insyaa Allah akan diberi kesembuhan dari Allah Azza wa Jalla
Aamiin
Semoga bermanfaat...

Monday, March 20, 2017

11:01 AM

DAFTAR GAJI UMR JATIM TAHUN 2017, DAFTAR LENGKAP UMK 38 KABUPATEN DAN KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 201

Tahun 2017 memang merupakan tahun yang cukup menggembirakan bagi para karyawan di Jawa Timur. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai umk kota dan kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur tahun 2017 yang rata-rata mencapai 11,5 persen.

Gaji Umr

Umk Jatim 2017 ini yang telah diputuskan oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Soekarwo, menempatkan kota Surabaya dengan nilai umk tertinggi yaitu 3,2 juta rupiah. Umk kota surabaya tahun ini tidak melebihi tinggi dari umk Jakarta 2017 karena sesuai dengan permintaan pemerintah pusat.

Sebelum penetapan umk jatim pada tahun 2017 ini , Gubernur Jatim, Bapak Sukarwo telah menetapkan terlebih dahulu menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jatim untuk tahun 2017 yaitu Rp. 1.388.000,00. Penetapan

Untuk di Jawa Timur sendiri , nilai besaran gaji umr kota Surabaya juga diimbangi area ring road industri di kota-kota sekitarnya yang umk-nya juga melewati angka 3 juta , hanya terpaut 5 sampai 10 ribu rupiah saja. Nilai ini menunjukkan penyebaran industri dan perekonomian yang cukup merata di area industri surabaya dan kota pendukungnya tersebut.

Berikut daftar gaji umr kabupaten dan kota di jawa timur tahun 2017

Umk Kota Surabaya Rp3.296.212,50
Umk Kabupaten Gresik Rp3.293.506,25
Umk Kabupaten Sidoarjo Rp3.290.800,00
Umk Kabupaten Pasuruan Rp3.288.093,75
Umk Kabupaten Mojokerto Rp3.279.975,00
Umk Kabupaten Malang Rp2.368.510,00
Umk Kota Batu Rp2.193.145,00
Umk Kabupaten Jombang Rp2.082.730,00
Umk Kabupaten Tuban Rp1.901.952,50
Umk Kota Pasuruan Rp1.901.952,50
Umk Kabupaten Probolinggo Rp1.879.220,00
Umk Kabupaten Jember Rp1.763.392,50
Umk Kota Mojokerto Rp1.735.247,50
Umk Kota Probolinggo Rp1.735.247,50
Umk Kabupaten Banyuwangi Rp1.730.917,50
Umk Kabupaten Lamongan Rp1.702.772,50
Umk Kota Kediri Rp1.617.255,00
Umk Kabupaten Bojonegoro RP1.582.615,00
Umk Kabupaten Kediri Rp1.576.120,00
Umk Kabupaten Lumajang Rp1.555.552,50
Umk Kabupaten Tulungagung Rp1.537.150,00
Umk Kabupaten Bondowoso Rp1.533.902,50
Umk Kabupaten Bangkalan Rp1.530.655.00
Umk Kabupaten Nganjuk Rp1.527.407,50
Umk Kabupaten Blitar Rp1.520.912,50
Umk Kabupaten Sumenep Rp1.513.335,00
Umk Kota Madiun Rp1.509.005,00
Umk Kota Blitar Rp1.509.005,00
Umk Kabupaten Sampang Rp1.501.427,50

Umk Kabupaten Situbondo Rp1.487.355,00

Umk Kabupaten Pamekasan Rp1.461.375,00

Umk Kabupaten Madiun Rp1.450.550,00
Umk Kabupaten Ngawi Rp1.444.055,00
Umk Kabupaten Ponorogo Rp1.388.847,50
Umk Kabupaten Pacitan Rp1.388.847,50
Umk Kabupaten Trenggalek Rp1.388.847,50
Umk Kabupaten Magetan Rp1.388.847,50

Sedangkan ini adalah data UMR Jatim tahun 2016

Umk Kota Surabaya Rp 3.045.000
Umk Kabupaten Gresik Rp 3.042.500
Umk Kabupaten Sidoarjo Rp 3.040.000
Umk Kabupaten Pasuruan Rp 3.037.500
Umk Kabupaten Mojokerto Rp 3.030.000
Umk Kabupaten Malang Rp 2.188.000
Umk Kota Malang Rp 2.099.000
Umk Kota Batu Rp 2.026.000
Umk Kabupaten Jombang Rp 1.924.000
Umk Kabupaten Tuban Rp 1.757.000
Umk Kota Pasuruan Rp 1.757.000
Umk Kabupaten Probolinggo Rp 1.736.000
Umk Kabupaten Jember Rp 1.629.000
Umk Kota Mojokerto Rp 1.603.000
Umk Kota Probolinggo Rp 1.603.000
Umk Kabupaten Banyuwangi Rp 1.599.000
Umk Kabupaten Lamongan Rp1.573.000
Umk Kota Kediri Rp 1.494.000
Umk Kabupaten Bojonegoro Rp 1.462.000
Umk Kabupaten Kediri Rp 1.456.000
Umk Kabupaten Lumajang Rp 1.437.000
Umk Kabupaten Tulungagung Rp 1.420.000
Umk Kabupaten Bondowoso Rp 1.417.000
Umk Kabupaten Bangkalan Rp 1.414.000
Umk Kabupaten Nganjuk Rp 1.411.000
Umk Kabupaten Blitar Rp 1.405.000
Umk Kabupaten Sumenep Rp1.398.000
Umk Kota Madiun Rp 1.394.000
Umk Kota Blitar Rp 1.394.000
Umk Kabupaten Sampang Rp 1.387.000
Umk Kabupaten Situbondo Rp 1.374.000
Umk Kabupaten Pamekasan Rp 1.350.000
Umk Kabupaten Madiun Rp 1.340.000
Umk Kabupaten Ngawi Rp 1.334.000
Umk Kabupaten Ponorogo Rp 1.283.000
Umk Kabupaten Pacitan . Rp 1.283.000
Umk Kabupaten Trenggalek. Rp 1.283.000
Umk Kabupaten Magetan Rp 1.283.000


Wednesday, March 15, 2017

9:56 AM

Shock Breaker YSS Recomended Supra x 125

Shock Breaker YSS Supra x 125 / Shogun 125 / Smash 34cm Top Up Top Up ....ane mau share ni produk dari YSS, buat agan yang lagi bingung mau nyari shokbreaker apa yang pas buat motor kesayangan! nih...ane kasi solusi,"Shockbreaker Top Up Yss 34",,dijamin gak kecewa...produk berkualitas gan, warna bervariasi, tinggal pilih yang sesuai selera, trus yang pasti motor agan jadi terlihat lebih keren dengan model dan warna shokbreaker ini....

Untuk Soal Kenyamanan,..... dijamin.....

Biar agan gak ragu, liat fotonya aja......



Keunggulan

- Menggunakan Progresive Spring Sehingga Sangat Cocok Untuk Digunakan diberbagai Lokasi baik Jalan Rusak Maupun Jalan datar.
- Dapat Melakukan Penyetelan Spring Sehingga Kekerasan Shock dapat Disesuaikan Dengan Berat Pengendara.
- Mempunyai Rebound Yang Halus Sehingga Tetap Nyaman Meskipun Digunakan Perjalanan Jauh.
- Mempunyai Tingkat Durability yang Tinggi sehingga Sangat Cocok digunakan Untuk Keperluan Harian.
- Tersedia Berbagai Pilihan Warna.
- Dapat Digunakan Untuk Harian Maupun Touring.

Monday, March 13, 2017

10:44 AM

13 Maret,... Tersimpan Kerinduan Buat Sang Ayah

Masih teringat jum'at 13 Maret 2009, 
Hari dan tanggal kesedihan, kehilangan sosok man power dalam hidup dan dalam keluargaku.,. untuk ayah tercinta maaf kami anak-anak-MU belum bisa jadi yang terbaik buat Bapak, belum bisa bahagiain Bapak.

Untuk 13 Maret selanjutnya tersipan kerinduan,. dan hanya do'a do'a yang bisa aku kirimkan untuk Bapak.

Bukan kematian yang aku sesali karna itu pasti, yang aku sesali singkatnya perjumpaan diantara kita
#Bapak

Friday, March 3, 2017

11:08 AM
Ada kah rasa yang tersisa ?



Ada kah rasa yang tersisa ?
Adakah rasa yang tidak sempat terucap ?
Bukankah ini dunia kita ?

Dunia
Dimana kita pernah berbagi rasa

Yang pada akhirnya
Kita harus kalah karena hakikat

Jauh di hatiku
Tarian jemarimu
Masih melekat walau telah berlalu

Bahasamu
Kini hanya bisa ku mengerti
Walau ku tau semua mulai menepi

Kenangan kita
Pelipur luka dikala kita lupa 
Akan semua yang ada di dunia kita

Ku hanya bisa berlari jauh
Dan itu cara ku menyayangi
Layaknya bulan dan matahari

Akan selalu ku selipkan namamu 
Dalam setiap doaku

Karena itu caraku memeluk dirimu
Karena kita
Telah berada dijalan yang berbeda

Tapi masih satu asa
Karena kita punya cara
Cara menggapai asa
Yang berakhir bahagia 
Meski kita tidak bersama
Karena rasa ini kan selalu ada

Wednesday, February 8, 2017

9:02 AM

lirik lagu Sheila on 7 Lia - Lia - Lia

Lia - Lia - Lia





Aku tergila-gila gaya bicarnyaLia Lia LiaApakah kau memikirkan semua yang kuimpikanLia Lia LiaKau percayakan masa depan hidupmu kedua kakimuTakkan gentar dari semua yang menentangmuLia Lia Lia
Aku tergila-gila jalan pikirannyaLia Lia LiaApa kau memikirkan semua yang kutawarkanLia Lia Lia
Kau percayakan masa depan hidupmu di kedua kakimuKau dan lingkaran jiwamuMenarik langkah kakikuBermain dengan hatimuAku terbakar bahagia... aiaiaiaia...
Aku tergila-gila jalan pikirannyaLia Lia LiaApakah kau memikirkan semua yang kutawarkanLia Lia Lia
Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..Lia Lia..

Tuesday, February 7, 2017

2:46 PM

Ku Sayang Padamu

Ku Sayang Padamu


Senyumnya duhai manis sekali
Membuat pria setengah mati
Matanya duhai tajam sekali
Menusuk jauh ke lubuk hati
Aku cinta padamu, padamu
Aku sayang padamu, padamu

Ku tahu banyak pria merayu
Mengharap cinta kasih darimu
Tetapi, tak berubah cintamu
Padaku, pria yang tidak mampu
Aku cinta padamu, padamu
Aku sayang padamu, padamu

Murninya rasa cintamu
membuat aku terharu
Tulusnya rasa cintamu membuat ku selalu rindu
Cintaku pada dirimu aduhai tak akan layu
Cintaku pada dirimu aduhai tak akan beku
Walau sampai tua nanti
Cintaku tak kan terbagi


(L.D.R)


Lia Dan Ruston

Thursday, January 19, 2017

3:14 PM

“La Takhaf Wa La Tahzan. Innallaha Ma’ana”


“La Takhaf Wa La Tahzan. Innallaha Ma’ana”


Mengapa engkau bersedih?
apa orang yang sangat kau cintai, kau sayangi ,orang yang selalu kau pikirkan setiap detik , menit bahkan setiap saat kini telah meninggalkanmu..

engkau boleh saja bersedih tapi ingatlah bahwa ada satu Dzat yang maha mencintai , mencintai engkau karena kau adalah hamba-Nya,
ya.. kau masih punya Allah Ta’Ala.

ingat Allah pernah berfirman :
“La Tahzan, Innallaha Ma’ana. Janganlah kamu berduka cita sesungguhnya Allah beserta kita.” (QS.At- Taubah :40)

jadi kenapa kau menghabiskan waktumu untuk bersedih, bahkan menangisi apa yang telah pergi dari mu, jika kau masih dan selalu punya Allah yang juga sangat mencintaimu
mungkin kau berfikir bahwa Allah begitu jahat, Ia rela memisahkanmu dengan orang yang paling kau cintai, yang menurutmu sangat baik untukmu.
tetapi Allah maha mengetahui mana yang baik dan buruk bagimu.

Allah Ta’Ala berfirman : “…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. 2:216)
jadi tetaplah dan selalu berprasangka baik kepada-Nya, karena Rasulullah pernah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a : Allah s.w.t berfirman: “Aku adalah berdasarkan kepada sangkaan hambaKu terhadapKu.
nah, sekarang buat apa engkau bersedih lagi jika ada Allah Ta’Ala yang selalu mencintaimu dan selalu memberikan mu yang terbaik bagi hidupmu..
boleh engkau bersedih tapi kendalikanlah dirimu, jangan sampai kesedihanmu menjadi berlarut larut dan melupakan Allah Ta’Ala yang selalu bersedia mendengarkan keluh kesahmu di kala kau engkau bersedih…

“La Takhaf Wa La Tahzan. Innallaha Ma’ana” πŸ™‚

Wednesday, December 21, 2016

9:06 AM

APA ITU OM TELOLET OM? ,...

APA ITU OM TELOLET OM?



Saya mengetahui istilah "Om Telolet Om" itu dari komentar yang sering muncul di Line Today. Kok sepertinya istilah ini happening atau ngetrend banget saat ini.
apa itu om telolet om artinya adalah
Om Telolet Om adalah..





Jadi apa itu "Om Telolet Om?" apa artinya? (kok saya sering terpleset jadi toletot, telolet, tolelet atau tololet ya ). Jadi begini, fenoma ini jadi populer setelah ada seseorang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Disana saat siang atau sore hari anak-anak kecil sepulang sekolah berdiri di pinggir jalan lalu berteriak "Om Telolet Om" (ada juga yang memegang kertas bertuliskan "Om! Telolet"). Teriakan itu ditujukan kepada pengemudi bus yang melintas di jalan raya agar si supir bus mau membunyikan klakson busnya.

jadi "Om" itu maksudnya adalah si om supir bus. Sedangkan "Telolet" itu seperti menirukan suara klakson yang berbunyi tolelot tolelet telotet (yah seperti itulah). Singkatnya, "Om telolet om" adalah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada pengemudi bis agar sang pengemudi membunyikan bel / klakson.

Tujuannya apa? ya cuma untuk have fun saja, untuk bersenang-senang. Mungkin anak-anak itu senang mendengar suara klakson bus yang memang terkadang bunyinya unik. Ada juga yang merekam suara klaksonnya lalu setelah direkam di upload ke media sosial, dsb.
Mungkin bagi bismania (penggemar bis / bus) hal ini bukanlah hal yang baru karena segala hal yang berhubungan dengan bis adalah keren, termasuk keunikan klaksonnya. Tapi bagi orang umum ini jadi trend setelah melihat keceriaan anak-anak yang dengan setia menunggu bis antar kota melintas lalu berharap membunyikan bel-nya. Hal ini membuat orang menyadari bahwa "bahagia itu sederhana".

Fenomena ini mulai berkembang di beberapa wilayah lain di Indonesia, bukan hanya di Jepara saja. Dan penggemarnya bukan lagi hanya anak-anak, tapi juga para remaja dan dewasa. Yah lumayan lah bagi yang punya bisnis berjualan klakson telolet jadi makin lancar rejekinya dan juga bagi supir bus sendiri akan memiliki kesenangan sendiri saat melihat senyuman anak-anak yang setia menanti.
Sebagai catatan, harga klakson tolelet ini cukup mahal juga lho, mulai dari 500 ribuan sampai jutaan rupiah. Tergantung tingkat kekerasan suara dan juga kombinasi suara yang dihasilkan.

Mungkin sebagian ada yang mengatakan bahwa hal ini adalah norak dan kampungan, tapi kalau itu bisa membuat anak-anak (atau orang dewasa) bahagia, apa yang salah dengan hal itu? (selama dilakukan dengan aman). Mungkin mereka harus mencobanya dulu, berdiri di pinggir jalan, lalu teriak "Oooommm... Telolet ooommm...." baru bisa mengerti bahwa bahagia itu sederhana 

Saturday, May 21, 2016

10:50 AM

7. UU Hak Cipta Software

UU Hak Cipta Software

Menurut Undang-undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002, definisi dari kedua kata tersebut adalah sebagai berikut : “Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu Ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.” “Ciptaan adalah hasil setiap karya Pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni dan sastra.”

Undang-undang hak cipta pertama kali di Indonesia, yaitu UU No. 6 Tahun 1982, yang kemudian disempurnakan menjadi UU No. 7 Tahun 1987, dan kemudian disempurnakan lagi menjadi UU No. 12 Tahun 1997. Pada tahun 2002, Pemerintah kembali mengeluarkan Undang – Undang Hak Cipta, yaitu UU No. 19 Tahun 2002, dengan penambahan Hak Cipta tentang perangkat lunak. Pasal yang mengatur hak cipta atas perangkat lunak tersebut adalah pasal 15 e yang berbunyi sebagai berikut : “Perbanyakan suatu Ciptaan selain Program Komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apa pun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan, dan pusat dokumentasi yang non-komersial semata-mata untuk keperluan aktivitasnya;”tidak melanggar undang-undang.

Pasal 72 ayat 3 UU Hak Cipta berbunyi, “Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)” . Dengan demikian, tidak ada alasan bagi kita untuk menggunakan program komputer secara tidak sah.

Hak cipta untuk program komputer biasanya hanya berlaku untuk jangka waktu 50 tahun. Setelah masa waktu itu berakhir, biasanya ciptaan menjadi milik umum. Biasanya, pemilik hak cipta kembali memperbaharui hak cipta dari produknya dengan melakukan revisi dan mendaftarkan kembali ke lembaga Hak Cipta.

Dengan diberlakukannya Undang-undang hak cipta tersebut, berarti masyarakat Indonesia yang merupakan bagian dari konsumen perangkat lunak tertentu, dengan sendirinya terikat secara hukum untuk mematuhi Undang-undang tersebut. Segala bentuk pelanggaran terhadap undang-undang yang melindungi program-program tersebut akan dikenakan sanksi pidana atau denda.

Mengingat masih mahalnya dana yang dikeluarkan untuk membeli sebuah lisensi produk software MS Windows dan propriety lainnya, maka banyak orang yang memilih untuk membeli produk bajakan yang harganya jauh lebih murah dibandingkan produk software asli dengan fungsi yang sama namun produk bajakan tidak tahan lama. Banyak di antara kita yang masih bertahan untuk menggunakan software bajakan, baik sistem operasi maupun aplikasi sampai dengan utility.

Para penegak hukum berusaha memberantas software-software bajakan yang kini telah menjamur di masyarakat Indonesia. Menyusul diberlakukannya Undang-Undang No 19 Tahun 2002, tentang Hak Cipta, razia terhadap software bajakan pun marak dilakukan akhir-akhir ini. Razia software bajakan biasa dilakukan di pusat penjualan materi bajakan tersebut. Saat ini, Polisi semakin gencar memeriksa perusahaan-perusahaan yang menggunakan software bajakan untuk keperluan komersial. Selain perusahaan, yang menjadi target untuk dilakukan razia adalah warnet yang menggunakan software bajakan.

Mungkin kita sering mendengar pernyataan-pernyataan :

ΓΌ Kalau tidak membajak, tidak bisa pintar

ΓΌ Kalau tidak pernah ada bajakan, IT Indonesia tidak akan seperti sekarang

Pernyataan-pernyataan itu terbalik. Kita bisa pintar tanpa membajak. Sekarang telah ramai diperbincangkan tentang open source seperti Linux dan software-software lainnya yang dapat dijadikan alternatif software tanpa harus menggunakan barang bajakan.

Ada 2 pilihan solusi yang dapat diambil untuk menghindari kegiatan menggunakan software bajakan. Solusi pertama, menggunakan software windows yang asli dan berlisensi dengan biaya yang sangat mahal. Yang kedua, kalau tidak mau keluar banyak uang, gunakan open source software, seperti Linux dan open source software lainya sebagai alternatif pengganti windows. Teringat katanya Gur Pur di newsdotcom..gitu aja kok repot..heheh:).

Ada satu faktor yang mungkin membuat orang sulit belajar Linux dan open source software lainnya, yaitu kebiasaan. Sejak kecil biasanya kita sudah mengenal windows dan terasa sulit melepaskan diri dari Microsoft. Kembali kepada diri kita masing-masing, apakah kita mau untuk mempelajarinya atau tidak.

Berbicara mengenai aplikasi linux dan open source software lainnya memang tidak kalah canggih. Fungsionalitas dari Free/Open Source Software (FOSS) memang ada yang kurang, sama, dan bahkan untuk beberapa aplikasi tertentu justru jauh lebih handal daripada yang tidak “open source”.

Intinya, Open Source Software memberikan fleksibilitas dengan biaya yang rendah dan sangat mendukung peningkatan produktivitas di perusahaan – perusahaan, dan usaha lainnya. Open source software, seperti Linux, dapat dijadikan solusi hemat tanpa mengganggu aktivitas bisnis.

Menurut World Intelectual Property Organization (WIPO), “For the purpose of the law: computer program means a set of instruction capable, when incorporated in a machine-readable medium, of causing machine having information-processing capabilities to indicate, perform or archieve a particular function, task or result”.

Menurut pasal 1 angka 8 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema ataupun bentuk lain yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi-instruksi tersebut.

Program komputer sebagai hasil pemikiran intelektual dari pembuat program adalah diakui sebagai suatu Karya Cipta, yaitu karya dari perwujudan cipta, rasa dan karsanya. Hal inilah yan dilindungi oleh hukum. Obyek perlindungan sebuah rogram komputer adalah serangkaian kode yang mengisi instruksi. Instruksi-instruksi dan bahasa yang tertulis ini dirancang untuk mengatur microprocessoragar dapat melakukan tugas-tugas sederhana yang dikehendaki secara tahap demi tahap serta untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Dan di dalam instruksi inilah terlihat ekspresi dari si pembuat program atau pencipta.

Berdasarkan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002, Hak Cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undanga yang berlaku. Yang dimaksud dengan hak eksklusif di sini adalah bahwa tidak seorangpun yang diperbolehkan untuk mengumumkan, memperbanyak atau menyewakan ciptaannya tanpa izin dari penciptanya. Sedangkan pencipta yang dimaksud dalam pasal ini adalah :

(1) Seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecepatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi,

(2) Orang yang merancang suatu ciptaan, tetapi diwujudkan oleh orang lain dibawah pimpinan atau pengawasan orang yang merancang ciptaan tersebut,

(3) Orang yang membuat suatu karya cipta dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan; Badan Hukum sebagaimana dalam pasal 6-9 Undang-undang Hak Cipta.

Di dalam pengertian Hak Cipta terdapat dua unsur yang penting sebagai hak-hak yang dimiliki si pencipta, yaitu :

1. Hak ekonomis (economic rights). Hak ekonomis adalah hak yang dimiliki oleh seorang pencipta untuk mendapatkan keuntungan atas ciptaannya. Undang-undang Hak Cipta Indonesia memberi hak ekonomis kepada pencipta, antara lain; hak untuk memperbanyak, hak untuk adaptasi, hak untuk distribusi, hak untuk pertunjukan, hak untuk display.

2. Hak moral (moral rights). Hak moral adalah hak khusus serta kekal yang dimiliki si pencipta atas hasil ciptaannya, dan hak itu tidak dipisahkan daripenciptanya. Hak moral ini adalah hak pencipta atau ahli warisnya, untuk menuntut kepada Pemegang Hak Cipta supaya nama Pencipta tetap dicantumkan pada Ciptaannya; Memberi persetujuan dalam perubahan hak Ciptaannya; Memberi persetujuan terhadap perubahan atau nama samaran pencipta; Menuntut seseorang yang tanpa persetujuannya meniadakan nama Pencipta yang tercantum pada ciptaannya.

Hak cipta memberikan jangka waktu perlindungan terhadap hasil karya atau ciptaan pencipta tersebut selama hidup pencipta dan akan terus berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun setelah pencipta meninggal dunia. Dalam hal ciptaan dimiliki oleh 2 orang atau lebih, maka hak cipta berlaku selama hidup pencipta yang terlama hidupnya dan berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun sesudah pencipta yang terlama hidupnya tersebut meninggal dunia. Kecuali untuk program komputer, sinematografi, fotografi, database dan hasil pengalihwujudan berlaku 50 tahun sejak pertama kali diumumkan.

Indonesia saat ini telah meratifikasi konvensi internasional di bidang Hak Cipta, yaitu : Berne Convention tanggal 7 Mei 1997 dengan Keppres No. 18/1997 dan dinotifikasikan ke WIPO pada tanggal 5 September 1997. Berne Convention tersebut mulai berlaku efektif di Indonesia tanggal 5 September 1997. Dengan berlakunyaa Berne Convention berarti sebagai konsekuensinya Indonesia harus melindungi ciptaan dari seluruh anggota Berne Convention.

Tiga tahap esensial dalam hal perlindungan terhadap perangkat lunak, yaitu :

– Perlindungan terhadap algoritma pemrograman.

– Perlindungan Paten atau Hak Cipta terhadap Program Komputer.

– Perlindungan terhadap kode obyek program (object code).

Sehubungan dengan hal itu, WIPO juga telah mengidentifikasikan bahwa bahan-bahan yang termasuk dalam software komputer adalah :

– Materi-materi pendukung (flowchart,deskripsi tertulis program).

– Dokumentasi tentang bagaimana menggunakan program (user’s guide).

– Untaian perintah (listing program) itu sendiri.

– Tampilan look and field dari program tersebut.

Perlindungan terhadap program komputer yang berada di bawah hukum hak cipta sejalan dengan diratifikasinya TRIPs-WTO dan implementasinya dalam UU No. 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta, misalnya terkait dengan program komputer seperti Linux yang saat ini tidak lagi hanya merupakan sebuah operating system tetapi sudah merupakan sumber kekuatan penuh bagi para pengguna komputer. Dengan menggunakan life CD cooperative linux (CoLinux)pengguna dapat menggunakan sebuah distro Linux di atas operating sistem lain seperti Windows bagaikan sebuah proses yang diproteksi oleh Windows itu sendiri. Edisi CoLinux versi 0.6.0 yang dipublikasikan oleh penciptanya pada bulan Maret 2004, distro-distro yang dapat bekerja dengan CoLinux adalah Fedora, Gentoo dan Debian dapat di-download secara bebas dan cuma-cuma dihttp://www.colinux.org.

Saat ini disamping terdapat software-software open source yang dapat dimiliki secara gratis, kini berkembang pula software bebas yang dikenal denganfreeware yang disediakan oleh beberapa kategori software secara gratis yang kualitasnya setara dengan software sejenis. Dan saat ini tersedia pula berbagaifreeware yang dapat diperoleh secara gratis.
10:38 AM

Ternyata Menikah Usia Muda Buat Setan Menangis


Setan adalah musuh nyata umat manusia yang bertujuan menyesatkan Bani Adam. Laknatullah ini akan melakukan segala cara agar manusia mengikuti tipu dayanya. Tanpa ampun dan tidak ada kata menyerah, begitulah semangat setan dalam menggoda manusia.

Namun, setan ternyata juga bisa menangis juga. Dalam Hadist Riwayat Ibnu Addi, Rasulullah SAW menceritakan bagaimana setan menangis dan mengeluh karena hal ini. Ternyata yang membuat anak buah Iblis ini sedih adalah ketika manusia memutuskan menikah pada usia muda.Usia muda dalam konteks ini tentu mereka yang sudah baligh. Setan merasa celaka karena manusia terpelihara dari godaan untuk melakukan perbuatan zina. Sepert diketahui, salah satu perangkap paling ampuh adalah menggiring manusia untuk mendekati perbuatan tersebut.

Jabir bin abdullah ra mengutarakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, Barang siapa diantara remaja menikah dalam usia muda, maka menangislah setan. Dan dia mengeluh , ‘Aduh celaka aku, agamanya telah terpelihara dari godaanku“(HR. Ibnu Addi).

Sayangnya menikah saat usia mudah menjadi hal yang dipandang aneh saat ini. Bahkan tidak sedikit pihak yang menolak pernikahan muda. Alasannya adalah mereka masih belia dan dinilai belum matang dalam menjalani urusan rumah tangga.

Padahal tidak sedikit di negara maju yang membebaskan pergaulan anak-anaknya tanpa ikatan pernikahan hidup menderita. Remaja perempuan yang mengalami kehamilan pra nikah harus menerima kenyataan membesarkan anak-anaknya sendirian tanpa suami. Akibatnya, banyak bayi yang tumbuh besar tanpa ayah.

Sementara kasus di Indonesia sendiri berdasarkan penuturan Menteri Sosial Khofifah Indah Parawansa, pada 2013 lalu tingkat kasus kehamilan di luar nikah mencapai 2,2 juta. Umumnya mereka adalah remaja yang berusia berkisar antara 15-19 tahun. Seandainya mereka menikah saja ketika menemukan jodohnya, tentu akan ini tidak akan sebesar itu.

Nabi Muhammad SAW sudah menganjurkan agar segera menikah. Seperti sabda Nabi berikut ini yang artinya.

“Wahai pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab ia dapat mengekangnya.” (HR. Bukhari).

Jadi sudah jelas bagaimana Nabi memerintahkan umatnya agar menikah pada usia muda jika sudah baligh dan mampu. Dan jika merasa belum mampu, maka para pemuda diperintahkan berpuasa untuk menjaga dirinya.

Friday, May 20, 2016

2:08 PM

Mengapa Viewers Youtube Saya Sedikit?

Hai sob, kembali saya akan memberikan sebuah pengetahuan PENTING buat anda yang aktif dalam dunia per-video-an.
Iklan

Apa itu? Yaitu membahas tentang mengapa sebuah channel di Youtube bisa memiliki viewers yang sangat tinggi, sementara ada yang hanya memiliki viewers yang sangat rendah bahkan setelah berbulan-bulan videonya berada di Youtube, tapi penontonnya hanya hitungan jari. Lucu ya? Tapi itu terjadi loh!

Saat ini orang lebih suka mencari informasi mengenai sesuatu terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Misal saja seseorang yang ingin membuka usaha, mereka akan mencari dari Google atau Youtube teknik-teknik atau cara atau mungkin juga distributor serta harga termurah dari sebuah produk yang akan dibeli.

Dengan demikian, penting sekali bagi anda yang aktif di dunia blogging dan Youtube memberikan informasi yang benar-benar akurat. Mengapa harus akurat? Karena jika tidak, dengan mudah pembaca akan meninggalkan website atau blog ataupun channel Youtube anda.

Jadi dari cerita di atas, jelaslah kita pahami bahwa saat ini orang selalu mencari dahulu informasi yang paling mudah mereka dapatkan. Dan itu ada melalui dunia online. Mereka tidak perlu menanyakan kepada pakar bisnis atau pakar usaha untuk membuat sebuah usaha. Cukup membuka laptop atau smartphone, maka mereka bisa mendapatkan informasinya.

Intinya adalah bagaimana kita menyajikan informasi yang menarik tersebut kepada para pemirsa (baik pembaca ataupun penonton Youtube) kita.
Pentingkah viewers Youtube?

Jika ditanya penting atau tidak viewers Youtube, maka jawabanya tergantung yang membuat video tersebut. Apa tujuan dari si pembuat video di Youtube. Jika tujuannya hanya untuk menyebarkan informasi saja agar diketahui orang dan tidak ada tujuan lainnya, saya pikir mereka yang upload video tidak membutuhkan viewers yang banyak. Tapi kalau kamu yang memang ada tujuan terutama komersil, maka viewers akan sangat penting bagi kamu. Sama seperti sebuah stasiun televisi, maka mereka membutuhkan penonton sebanyak mungkin untuk menonton acara yang mereka buat.

Jika viewers kita banyak, maka sangat besar kemungkinan kita mendapatkan untung yang sangat banyak. Dari mana keuntungan itu kita dapat? Adalah iklan yang selalu menghiasi setiap video di Youtube. Pengiklan akan membayar kepada pihak Youtube dan pihak Youtube akan membayar anda sebagai orang yang sudah bersedia memberikan video anda sebagai tempat penayangan iklan.
Iklan


Untuk kamu yang bermain video Youtube dengan tujuan komersil, maka kamu SANGAT membutuhkan viewers.
Viewers Youtube atau subscriber?

Kalau ditanya mana yang lebih penting bagi kamu, viewers atau subscriber, maka seharusnya kita memilih keduanya. Kalau subscribernya banyak dan Viewersnya vuga banyak tentu lebih mudah dan lebih banyak mendapatkan uang bukan? Hehehehe….
Mengapa viewers Youtube saya sedikit?

Ada sebuah video yang pernah saya upload ke Youtube tentang Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube. Dan ternyata tidak lama setelah video tersebut saya upload, video tersebut sudah dilihat ratusan orang. Bahkan dalam sebulan sudah ditonton lebih dari 2.000 kali. Menurut saya ini sangat luar biasa apalagi masih pemula dalam hal video Youtube. Berikut saya tunjukkan videonya :

Setelah hal tersebut terjadi, maka saya membuat analisa sederhana, mengapa viewers dari video saya itu begitu tinggi. Dan jawabannya adalah yang pertama sekali dari judul.

Kesimpulan sederhana yang bisa saya ambil dan bisa kamu terapkan untuk videomu yaitu, buatlah judul yang menarik, mengandung rasa penasaran dan dicari banyak orang. Saya melihat bahwa saat ini banyak sekali orang yang ingin mendapatkan uang dari Youtube, tapi mereka tidak tahu caranya. oleh karena itu saya membuat judul tersebut dan di belakangnya saya tuliskan kata (SERU).

Selanjutnya kamu buatlah video yang benar-benar bermanfaat. Sampai hari ini saya lebih memilih video dengan isi yang bermanfaat bagi orang lain ketimbang hiburan ataupun video lucu. Alasan saya sederhana saja karena saya mau orang lain juga mendapatkan cara yang benar, sehingga mereka yang melihat video saya bisa berhasil.

Yang tak kalah penting adalah share ke sosial media. Saya yakin kamu yang membaca artikel ini PASTI memiliki akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Google+ atau Instagram. Kalau kamu sudah selesai mengupload video ke Yutube, silakan share ke akun sosial mediamu, agar banyak orang menonton video yang kamu buat.

Jika video kamu benar-benar bermanfaat bagi banyak orang, maka orang yang melihat dari facebook, twitter serta Google+ akan dengan mudah membagikannya kepada orang lain. Nah… dengan demikian video kamu akan sangat cepat mendapatkan viewers.

Gampang kan mendapatkan viewers yang banyak? Kalau kamu masih ada pertanyaan atau kurang mengerti cara-caranya, silakan beri komentar di bawah ini yah, nanti akan saya jawab.
2:00 PM

4 Cara Meningkatkan Keterlibatan Pengunjung Blog

Jika saya ditanya: apa yang dibutuhkan untuk membuat blog yang sukses? Maka, bila Anda menginginkan fakta yang sesungguhnya, jawabannya ada banyak sekali.


Ya, ada banyak hal diperlukan untuk membangun blog yang sukses. Memang, prinsip paling familiar ‘Content is King’, masih menjadi faktor utama, tapi nyatanya butuh lebih dari sekadar tulisan bagus untuk menghasilkan konten yang menarik keterlibatan dari pengunjung.

Seberapa sering kita telah menghabiskan berjam-jam menulis artikel dengan hati-hati, atau melakukan riset panjang untuk memperkuat opini, tapi pada akhirnya hanya mendapat sedikit ‘sambutan’ dari pembaca setelah ia diterbitkan? Konten itu tidak mampu mengajak untuk terlibat lebih jauh.

Konten yang bagus hanya sebuah awal, Anda butuh hal lain untuk mengajak pengunjung blog terlibat langsung dengan konten dan blog Anda. Inilah yang disebut dengan istilah: engage content atau konten yang mampu menarik keterlibatan pembacanya.

Lalu bagaimana kita, sebagai penulis, agar jangan sampai usaha setelah berusaha keras menghasilkan konten yang bagus namun gagal mendapat respon? Bagaimana cara kita meningkatkan keterlibatan pembaca?

Berikut 4 langkah yang akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan pengunjung terhadap konten dan blog Anda:
1. Tawarkan nilai yang nyata

Masih bingung dari mana mulai membuat konten blog? Cara termudah: bantulah orang lain!

Anda bisa melakukannya dengan membuat konten yang bernilai. Konten bernilai adalah apapun yang memberikan pengaruh atau dampak positif bagi hidup orang lain.
Iklan

Ia bisa berupa tips yang benar-benar dapat dilakukan dan bekerja, atau ebook yang menjelaskan permasalahan rumit dengan cara yang mudah dipahami, ataupodcast yang membangkitkan harapan untuk orang-orang yang membutuhkan, atau juga video yang memberi hiburan segar sebagai pelepas penat.

Ya. Konten bernilai dapat berupa apa saja selama ia dapat membantu orang lain. Itu lah yang membuat kita sulit mendefinisikan konten yang bernilai itu seperti apa. Karena nilai sebuah konten akan tergantung pada audiens yang menjadi target Anda.

Namun demikian, ada acuan dasar yang bisa membantu untuk mengartikan sebuah konten yang bagus dan bernilai.

Konten bernilai adalah:
Memberi manfaat atau hal yang bekerja baik bagi pembaca. Ia menunjukkan bagaimana cara melakukan sesuatu atau menawarkan jawaban atas sebuah pertanyaan.
Menawarkan ide, inspirasi atau teladan yang bisa diterapkan pembaca untuk hidup mereka sendiri atau menemukan solusi atas suatu permasalahan.
Menarik pembaca dengan suara yang kuat, unik dan khas.
Berbicara langsung kepada orang tertentu yang spesifik.
Menunjukkan keahlian atau otoritas penulis di bidangnya.

Dan dari sisi berlawanan, konten bernilai bukan lah:
Informasi umum yang bisa didapatkan oleh siapa pun yang bisa mengakses Google.
Tips yang hanya mengulang-ulang apa yang dikatakan penulis lain yang memiliki otoritas di niche Anda.
Rumit, sulit dibaca, muter-muter, panjang penuh basa-basi tapi tanpa isi, serta kosong tujuan dan manfaat nyata.
2. Layani pembaca (bukan diri sendiri)

Jika pembaca Anda saat ini kurang begitu melibatkan diri terhadap konten dan blog Anda, coba tanyakan pada diri sendiri tentang konten yang Anda buat. Apa tujuan ia dibuat? Untuk siapa Anda menulisnya?


Bila jawaban Anda tidak bersesuaian dengan kondisi atau apa yang benar-benar diharapkan oleh pembaca Anda, maka sampai kapanpun Anda akan gagal menarik keterlibatan mereka lebih jauh.

Betul, ini adalah website Anda, blog Anda, tapi apatah gunanya tanpa dukungan dan keterlibatan pembaca? Masihkah ia bernilai?

Memang, ini satu konsep yang cukup sulit dipahami bagi kebanyakan blogger. Bukankah blog saya adalah melulu tentang saya sendiri? Bukankah blog saya adalah tempat saya bebas berekspresi, memacu kreativitas apapun dan ingin menyuarakan apapun?

Jawabannya adalah: YA! Tapi tetap, pembaca harus menempati urutan pertama. Konten Anda harus mewakili dan menghargai siapa mereka, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka inginkan, serta semua cerita, opini dan pengalaman Anda yang mana, yang ingin mereka dengar.


Sebaliknya, melayani pembaca tidak berarti Anda harus kehilangan jati diri, atau menulis dengan bukan suara dan perspektif pribadi. Justru kedua hal itu lah yang akan mengantarkan kesuksesan sebuah blog. Melayani pembaca hanya berarti Anda memahami kepada siapa Anda menulis, dan memenuhi dahaga mereka sesuai apa yang mereka harapkan.

Dengan kata lain, konten Anda harus mencerminkan siapa Anda (atau bisnis Anda), tanpa harus melulu cerita tentang diri Anda pribadi.

Jangan pernah berhenti berbagi pengalaman, cerita, ide dan pemikiran. Itulah yang membuat Anda berbeda dari lainnya. Namun pastikan Anda mengemasnya dengan benar serta menyampaikannya dengan cara penuh arti bagi pembaca.
3. Membuat konten yang ‘merayu’ untuk dibagikan

Salah satu bentuk keterlibatan pembaca adalah ketika mereka sukarela membagikannya ke teman-teman mereka sendiri. Dan untuk itu Anda butuh konten yang memang sangat menarik untuk dibagikan.

Dan saya tahu, ini hal yang jauh lebih mudah teori dibanding prakteknya.

Dengan makin banyaknya orang dan bisnis sama memasuki dunia blogging, “konten yang bagus” tidak lah lagi mencukupi. Anda butuh konten yang:
Memancing diskusi lebih jauh
Merangsang pertanyaan yang mendalam
Memberikan ‘kebahagiaan’ tersendiri
Mengajak orang berpikir
Menawarkan solusi suatu permasalahan yang rumit

Ia tidak cukup hanya ditulis dengan baik dan masuk akal, atau berupa nasihat indah, atau komentar akurat terhadap satu isu. Konten yang Anda buat harus mampu mengaduk-aduk sisi emosional pembaca, jika Anda ingin mendapati mereka melakukan hal yang diperlukan agar terlibat dengan konten dan blog Anda.

Itu lah perbedaan besar antara ‘konten yang bagus’ dengan ‘konten yang memikat keterlibatan pembaca’.

Pengunjung mungkin menikmati konten yang baik, tapi ia hanya mampu membuat pembaca tersenyum kecil, atau merasa bahwa mereka setuju dengan apa yang tulis. Tapi, cuma itu yang bisa mereka lakukan, mereka lalu meninggalkannya. Karena ada begitu banyak konten lain yang mengganggu mereka, sehingga mereka merasa tidak punya waktu untuk berinteraksi lebih jauh dengan dengan konten dan blog Anda.

Sementara di sisi lain, konten yang memikat akan menghasilkan respon. Mereka begitu merasakan dampak dan terlibat secara emosional dengan satu dan lain cara terhadap konten yang Anda buat, sehingga mengajak kuat mereka untuk berinteraksi dan memberi respon.

Entah dengan membagikannya ke teman-teman mereka, seketika memutuskan mengisikan email untuk berlangganan artikel, memberi komentar, mengirimi Anda email untuk diskusi lebih lanjut, membeli produk yang Anda sarankan, dan lain sebagainya.

Intinya mereka tidak bisa diam lalu pergi, karena pesona tulisan yang Anda buat. Itulah konten memikat!
4. Buatlah sesuatunya lebih mudah

Pembaca Anda bisa jadi sangat tertarik terhadap konten Anda, ingin membagikannya ke media sosial, ingin terlibat dalam diskusi melalui komentar, ingin berlangganan artikel dan sebagainya. Tapi mereka tidak mau melakukan itu semua, jika untuk itu mereka harus bersusah payah.

Banyak blogger terlalu fokus pada sisi pembuatan konten, sehingga melupakan sisi bagaimana konten itu dinikmati. Menulis paragraf terlalu panjang, tidak memformat tulisan dengan baik, juga termasuk dalam sisi ini.

Perhatikan dengan seksama, bagaimana konten dinikmati oleh pembaca. Tempatkan diri Anda sendiri sebagai seorang pengunjung asing untuk blog Anda sendiri, dan rasakan bagaimana pengalaman Anda menikmati kontennya.

Jangan persulit pengunjung untuk melakukan respon. Permudah kolom komentar(saya benci captcha!), tempatkan tombol social sharing di tempat yang mudah dilihat, permudah orang berlangganan artikel. Buang pop-up, hindari mengumpulkan email subscriber dengan cara ‘memperkosa’.
Intinya buatlah hidup pembaca menjadi lebih mudah!
1:26 PM

Memahami Klik Tidak Sah di Adsense



Tiga hari berturut-turut di salah satu grup facebook yang saya aktif di situ, sedikitnya ada 3 thread yang curhat bahwa akun Adsense-nya dinonaktifkan (di-disabled).


Iklan


Satu sisi, sungguh sangat disayangkan, setelah banyak mengeluarkan usaha untuk menjalankan Adsense, ujung-ujungnya tidak mendapat apa-apa, karena akunnya dinonaktifkan.


Namun, di sisi lain, itu bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua bahwaAdsense adalah program jangka panjang, bukan cara cepat mendapatkan banyak uang. Jadi, sebaiknya jangan sekali-kali kita melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah disepakati. Karena itu sama saja dengan membuang keringat percuma bukan?


Dan rata-rata alasan akun mereka dinonaktifkan kalau saya lihat, adalah karena adanya pelanggaran klik (fraud click). Memang Adsense sangat sensitif terhadap satu hal ini, sehingga sekali akun dinonaktifkan karena alasan ini, maka selamanya tidak bisa dipulihkan, berbeda dengan pelanggaran lain, yang mana kita masih bisa mengajukan banding.


Nah, untuk itu kali ini saya ingin membahas tentang klik tidak sah (invalid click). Karena saya lihat masih banyak yang belum memahami dengan baik tentang pengertian klik tidak sah ini.


Klik tidak sah (invalid click)


Yang dimaksud dengan klik tidak sah adalah semua klik yang tidak akan dibayar oleh Adsense, karena dianggap merugikan pihak pengiklan. Klik yang ‘dibuat-buat’. Klik yang tidak alami.


Termasuk di dalamnya adalah klik yang sama sekali tidak memberi manfaat kepada pengiklan, seperti klik lebih dari satu terhadap iklan yang sama yang berasal dari satu alamat IP. Termasuk juga semua klik yang terjadi bukan karena keinginan murni dari pengunjung, seperti kekeliruan pengunjung dalam mengenali mana iklan mana konten. Karena itulah ada aturan tersendiri dalam penempatan iklan Adsense.


Iklan


Nah, kerancuannya disini adalah, masih banyak yang menyamakan arti bahwa klik tidak sah = klik iklan sendiri. Ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar. Di bawah nanti Anda akan menemukan penjelasannya. Intinya: klik tidak sah, adalah semua klik yang ‘merugikan pengiklan dan pada saat yang sama menguntungkan penayang’ tanpa membedakan dari mana klik itu berasal.


Pelanggaran klik (fraud click)


Nah, ini yang tidak boleh! Pelanggaran klik adalah setiap klik yang dihasilkan dengan ‘niat jahat’ dan penipuan. Ini memang bagian dari klik tidak sah, tapi tidak setiap klik tidak sah adalah pelanggaran klik. Bagaimana? Sampai di sini saya harap Anda sudah memahami perbedaannya.


Adapun kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran klik, di antaranya: 
Penayang Adsense mengklik iklannya sendiri. 
Teman atau keluarga atau siapapun mengklik iklan atas permintaan dan atau dengan tujuan keuntungan untuk penayang. 
Program yang memberikan insentif kepada pengunjung, seperti paid to click(PTC) dan click exchanges (pertukaran klik). 
Program klik otomatis, penggunaan robot dan program sejenis itu. 


Nah, ini juga nih masih banyak yang belum mengerti bahwa, prinsip pelanggaran klik ini juga berlaku pada iklan Adsense dengan sistem BPS (bayar per 1000 tayang), cuma di sini disebut sebagai tayangan tidak sah (invalid impression).Sumbernya di antaranya adalah: 
Merefresh halaman berkali-kali, baik dilakukan secara manual maupun otomatis. 
Program insentif, seperti paid to surf (PTS) atau Auto Surf Program. 
Program pihak ketiga yang untuk membeli trafik, seperti Anda bayar $5 per 1000 page view, misalnya. 


Nah, jelas bukan?


Kesimpulan:Pelanggaran klik adalah bagian klik yang tidak sah. Tapi, tidak setiap klik tidak sah adalah pelanggaran klik. Klik tidak sah, adalah hal biasa, dan akun Anda tidak akan dibanned karena adanya klik yang tidak sah ini. Tapi, sekali Google Adsense menemukan adanya pelanggaran klik, maka akun Anda pasti akan dibanned secara permanen.


Setiap kegiatan, metode, cara apapun yang menghasilkan klik atau impresi palsu adalah sebuah pelanggaran terhadap kebijakan Adsense.



Semoga dengan lebih memahami hal ini, kita dapat bekerjasama dengan Google sebagai penayang Adsense untuk jangka waktu yang panjang. Untuk informasi lebih lengkap mengenai aktifitas klik tidak sah ini, cara mencegah dan sebagainya, bisa Anda baca langsung dari halaman support Adsense.


Sebagai penayang Adsense sudah sepantasnya kita selalu mematuhi kebijakan yang ada, dan berusaha untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukanoleh penayang Adsense. Semoga bermanfaat. Bagaimana menurut Anda?


Salam.
8:23 AM

Apa perbedaan DOC dan DOCX pada MS. Office word?

Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa Microsoft mengubah ekstensi file ms.office word dari ekstensi .doc pada word 97-2003 menjadi .docx ketika merilis ms.office word 2007..? Saya juga berpikiran yang sama dengan kalian. Sekilas perbedaan dari perubahan ini terletak pada penambahan x disetiap ekstensi dibawah genggaman ms office yaitu .docx pada word, .pptx pada power point, .xlsx pada excel dll. Selain dari penambahan x, icon pada setiap file terlihat lebih menarik dari icon-icon sebelumnya. Namun apakah hanya perbedaan secara fisik itu saja?. 

Setelah ditelusuri ternyata microsoft memberikan beberapa keunggulan kepada .docx yang tidak ada pada versi sebelumnya. 3 yang saya ketahui diantaranya adalah:
DOCX memiliki sistem kompresi untuk menyimpan data 
Layaknya file .rar yang dibuat dan dibuka menggunakan aplikasi WinRar. File .docx bisa melakukan kompres data ketika menyimpan file gambar didalam dokumennya, dengan keunggulan ini tentunya kita bisa menghemat kapasitas dan mempercepat pengiriman dokumen melalui beberapa media, salah-satunya pengiriman melalui email.
Contoh nyatanya saya membuat 2 file menggunakan ms. office 2007 yang berisi sebuah kalimat pendek dan 3 gambar yang saya sisipkan pada dokumen tersebut. Gambar pertama mempunyai kapasitas 589KB, gambar kedua 395KB dan gambar terakhir 2,63MB. Lalu saya simpan dokumen yang otomatis mempunyai ekstensi .docx (2007) lalu saya simpan kembali dengan format .doc (2003) pada folder yang sama. Dan sungguh membuat saya kagum dengan kapasitas kedua file tersebut. Lihat gambar dibawah:

Ketiga gambar yang saya insert pada dokumen itu mempunyai kapasitas 3,64MB pada ekstensi .doc dan hanya 1,09MB pada ekstensi .docx, kapasitas mempunyai perbedaan setengah lebih dari total kapasitas gambar yang ada pada dokumen, Jika tidak percaya kalian bisa mencobanya dirumah.
DOCX tidak rentan rusak
Terlalu seringnya pemindahan dokumen .doc membuat dokumen tersebut rentan terjadi kerusakan. Pernakah anda membukan file word dan yang tampil justru tulisan aneh yang tidak bisa diterjemahkan dari hasil salinan memory, flashdisk ke perangkak komputer atau sebaliknya?

Contoh diatas adalah dokumen word yang corrupt dan biasanya terjadi pada word 2003 dengan ekstensi.doc. Sedangkan dokumen word 2007 dengan ekstensi .docx mempunyai kemungkinan yang kecil untuk terjadinya corrupt.
DOCX sulit diserang oleh virus
Ingatkah kalian dengan virus-virus yang bisa menggandakan dokumen word kita dengan nama yang sama namun menggunakan ekstensi .exe
lalu menyembunyikan dokumen asli kita dengan mengganti attribut file menjadi system? dan menampilkan dokumen palsu dengan ekstensi .exe yang sebenarnya dalah virus. Tentunya kita sangat resah dengan ulah virus ini apalagi jika dokumen tersebut sangat penting dan belum ada backup-nya.
Tapi jujur saja sampai detik ini saya belum pernah mengalami hal yang sama sejak menggunakan office 2007. Microsoft ofiice word 2007 tampaknya lebih sulit diserang oleh virus ketimbang versi 2003. Saya yakin microsoft mempelajari dan memperbaiki banyak tentang celah-celah sensitif pada ms.word 2003 kebawah sehingga versi 2007 keatas mempunyai segi keamanan yang lebih baik dari sebelumnya. Itulah sedikit keunggulan yang ada pada ekstensi .docx selain dari desain dan fitur-fitur tambahan aplikasinya. Semoga bermanfaat.

Pages